Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Post oleh : Hariyanto Wijoyo | Rilis : 14.26 | Series :
Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia di manapun kalian beraktifitas. Apakah di antara sahabat-sahibit blogger se-dunia ada yang punya hobby jalan-jalan ke MALL, untuk memenuhi hasrat shopping atau sebagai ajang rekreasi have and fun bersama keluarga atau hanya sekedar Windows Shooping alias melihat-lihat pajangan segala macam aneka baju sepatu dan barang-barang yang harganya sungguh mengharubirukan karena tak mampu terbeli…kalau yang terakhir itu sering aku lakukan saat nggak punya duit :-)

Di Kota Makassar ada beberapa MALL yang menjadi tempat favorit untuk dikunjungi, diantaranya adalah MALL RATU INDAH atau MARI, MALL PANAKUKKANG atau MP, MALL MAKASSAR TOWN SQUARE atau MTOS, MALL GTC serta MTC KAREBOSI. Dari MALL yang ada, saya cenderung lebih memilih MALL RATU INDAH sebagai ajang Windows Shooping dibandingkan MALL lainnya. Karena disamping outlet-outletnya hampir serupa dengan mall lainnya, namun MALL RATU INDAH memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh MALL lainnya, yaitu MASJID DI DALAM MALL..Subhanallah Alhamdulillah Allahuakbar.

Bila sahabat-sahibit blogger se-dunia berkunjung ke mall-mall lainnya selain Mall ratu Indah di Kota Makassar, dan apabila telah tiba waktu sholat maka kalian akan menuju ke mushola-mushola yang disediakan oleh pihak pengelola mall. Dan kalian akan menemukan bahwa mushola-mushola itu hanya dibuat seadanya saja, kapasitasnya juga hanya bisa menampung beberapa orang untuk sholat berjamaah, bisa dihitung jarilah. Jadinya kita harus bersabar antri untuk melaksanakan sholat lima waktu, padahal afdolnya kan sholat lima waktu itu ditunaikan sesegera mungkin bila sudah masuk waktu sholat. Coba kalian bayangkan bagaimana panjang antrian yang ada bila seluruh pengunjung mall hendak melaksanakan sholat lima waktu di mushola sekecil itu :-)

Selain itu kebanyakan mushola-mushola itu tidak memiliki ventilasi udara yang baik bahkan tidak menggunakan AC sama sekali sebagai pendingin udara, sehingga udara dalam mushola terasa gerah, entah kenapa pengelola mall-nya tidak berniat memasang AC dalam mushola-mushola di mall mereka, padahal seluruh ruangan dalam Mall yang mereka kelola itu semuanya ber-AC. Mushola-mushola itu juga tidak memilki sarana toilet sehingga umat muslim yang hendak membuang air sebelum sholat harus mencari-cari lagi di mana gerangan toiletnya yang letaknya kebanyakan cukup jauh dari mushola, selain itu mushola hanya memiliki tempat wudhu saja yang jumlah kran airnya juga terbatas. Sungguh sedih dan miris membayangkan hal ini bisa terjadi, di Kota Makassar yang mayoritas penduduknya adalah umat Islam.

Namun hal itu sahabat-sahibit blogger sedunia tak akan temukan bila berkunjung ke MALL RATU INDAH. Di Mall ini oleh pengelolanya sudah disediakan sebuah Masjid  Di Dalam Mall yang cukup mewah dan luas buat menampung para pengunjung mall yang akan melaksanakan sholat lima waktu. Ya benar, memang Masjid yang disediakan, bukan lagi sebuah mushola kecil seperti mall-mall lainnya. Nama Masjid dalam Mall Ratu Indah ini adalah Masjid Babussalam. Babussalam diambil dari nama salah satu pintu yang ada di Masjid Nabawi, yang artinya adalah Pintu Keselamatan. Letaknya di lantai tiga , diantara oulet Planet Surf dan Ace Hardware. Jadi tidak tersembunyi, seperti mushola-mushola kecil yang ada di mall-mall lainnya.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Terletak Di Antara Outlet Planet Surf dan Ace Hardware

Toilet-nya terletak terpisah dengan Masjid Babussalam, namun tidak jauh, letaknya hanya diruangan depan masjid, karena toilet itu memang selayaknya dipisahkan dari batas suci sebuah masjid. Bila sahabat-sahibit blogger memasuki Masjid Babussalam, maka suasana mall langsung akan hilang seketika.

Di bahagian luar masjid, depan pintu kaca yang lebar sudah ada teras pertama yang di kiri kanannya ada sebuah kursi panjang untuk kita duduk buat melepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam masjid. Saat Blogger Penjelajah Masjid masuk ke dalam di teras kedua udara sejuk dari pendingin udara sudah menyambut kita, jamaah pria dan wanita terpisah tempat wudhu dan tempat sholatnya. Pria belok ke kiri dan wanita belok ke kanan. Sebelum tempat wudhu ada sebuah rak untuk menyimpan alas kaki kita. Jumlah kran air untuk berwudhu juga cukup banyak, seperti yang kita biasa temui di masjid-masjid pada umumnya.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Pintu Masuk Masjid Yang Terbuat Dari Kaca

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Dari tempat wudhu kita langsung menuju sebuah ruangan yang digunakan sebagai tempat sholat. Ruangan ini cukup luas, lantainya terbuat dari bahan marmer yang dipotong sebesar ukuran sajadah, jadi ini juga menjadi tuntunan bagi para jamaah saat merapikan dan merapatkan shaf. Di bagian depan lantainya terbuat dari bahan kayu yang diawetkan yang lazim disebut bahan parkit kualitas nomor satu. Disitu sudah ada sebuah karpet panjang yang terbuat dari bahan berbulu sangat halus Dindingnya dilapisi dengan berbagai macam profil serta ornament berhiaskan kaligrafi dan ukiran yang beraroma seni Islam. Sebuah dinding terbuat dari bahan kayu yang sangat indah berwarna keabu-abuan setinggi tubuh manusia terletak ditengah-tengah masjid, ini digunakan sebagai hijab pembatas antara jamaah lelaki dan wanita.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Dinding Hijab Sebagai Pembatas Jamaah Pria dan Jamaah Wanita

Adem ayem rasanya berada dalam Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar ini, sehingga sholatpun terasa lebih kusyuk lagi…Subhanallah, Alhamdulillah Allahuakbar. Tahukah sahabat-sahibit blogger se-dunia siapa sebenarnya pemilik Mall Ratu Indah Kota Makassar ini. Mall Ratu Indah yang terletak di jalan Ratulangi Nomor 15 Makassar ini, didirikan pada tahun 1999. Mall yang terdiri dari empat lantai ini memiliki konsep Family Mall yaitu Mall yang menyediakan kebutuhan satu keluarga dalam satu tempat, salah satunya adalah membangun Masjid sebagai sarana ibadah keluarga. Mall ini dikelola dan dimiliki oleh Kalla Group, dimana kita ketahui salah pemilik dari Kalla Group adalah Bapak Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla yang biasa disebut JK saja, yang saat ini menjadi Wakil Presiden Indonesia periode 2014-2019 berpasangan dengan  Joko Widodo alias Jokowi sebagai presiden Indonesia.

Tetapi alasannya bukan karena Pak JK yang memiliki Mall Ratu Indah sehingga Masjid Babussalam dibangun dan dikelola dengan baik dalam Mall tersebut. Namun bagaimana sikap dari para pemilik dan pengelola mall-mall yang ada di Kota Makassar khususnya dalam memberi perhatian dan apresiasi yang cukup baik untuk menghadirkan sebuah tempat ibadah yang layak pakai bagi umat muslim di dalam mall-mall yang mereka kelola. Sehingga lebih memudahkan buat saudara-saudara kita dalam menunaikan kewajiban sholat lima waktu, dan tentunya berharap bisa lebih kusyuk saat menghadap dan sujud di hadapan Sang Khaliq..itu saja kok, tidak lebih dan tidak kurang. Dengan demikian dunia terpenuhi dan akhirat juga terealisasi.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Melihat dan merasakan serta melaksanakan sholat dalam Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar ini, angan-angan saya tiba melompat jauh tinggi ke angkasa luas. Seandainya saja semua mall yang ada di Indonesia mau membangun masjid semacam ini dalam mall mereka, tentunya sangat menyenangkan bila berkunjung ke mall-mall mereka, karena kita tak perlu kerepotan atau kuatir bakalan ketinggalan waktu sholat. Ataukah ada diantara sahabat-sahibit blogger se-dunia yang juga punya pengalaman sholat di sebuah masjid yang teletak dalam mall, atau setidak mengetahui bahwa ada masjid-masjid lainnya yang juga dibangun dalam sebuah mall ???
”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan ALLAH SWT, maka ALLAH akan membangun untuk-nya sebuah rumah di surga. [H.R Bukhari dan Muslim]
Apabila sahabat-sahibit blogger se-dunia ingin membaca artikel lain mengenai masjid-masjid di Indonesia, silahkan berkunjung ke blog ku yang satu, yaitu di http://hariyantowijoyo.blogspot.com.

Tabe’…Salama’ Ki’
Keep Happy Blogging …salam :-)

google+

linkedin

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
3 Juli 2017 23.55

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

Reply