Masjid Nurul Iman Blok M Square

Post oleh : Hariyanto Wijoyo | Rilis : 09.39 | Series :
Masjid Nurul Iman Blok M Square
Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia di manapun kalian berada. Melihat foto di atas, mungkin ada di antara sahabat-sahibit blogger se-dunia yang berpikir bahwa melihat sepintas itu ada kemiripan dengan foto Ka'bah di Kota Mekkah. Sebagai Blogger Penjelajah Masjid, saya hanya berani mengatakan “MIRIP” karena memang foto ini sebenarnya adalah foto sebuah miniatur Ka'bah yang terletak di puncak gedung pusat perbelanjaan yang sangat ramai di Kota Jakarta, tepatnya di lantai tujuh. Luarbiasa bukan, dan pusat perbelanjaan itu bernama Blok M Square.

Pada hari minggu kuturut ayah ke kota… eh kok malah nyanyi lagu naik delman, tapi memang benar pada hari minggu (10112013) seusai merampungkan tugas tour of duty dari perusahaan selama seminggu di Jakarta, saya mencoba refreshing dengan menjelajahi kemacetan Kota Jakarta pada hari minggu, setelah mampir di Plaza Blok M, langsung menuju Blok M Square yang terletak di Jl. Melawai V, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tentunya dengan niat windows shopping, memanjakan mata dan telinga serta menjaga dompet agar tetap safe baik isi dan fisiknya sebelum saya kembali ke Kota Makassar.

Blok M Square merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki oleh PD Pasar Jaya, yang dulu dikenal dengan nama Aldiron Plaza dan Pasar Melawai yang kemudian digabung jadi satu dan dikembangkan menjadi trade mall di kawasan Jakarta Selatan. Dan inilah salah satu pusat perbelanjaan yang sangat ramai dengan aktifitas jual beli antara pedagang dan masyarakat, dikarenakan sarana dan fasilitasnya yang sangat lengkap.

Salah satunya adalah berupa sebuah Masjid yang sangat megah, yang dibangun di lantai 7 gedung Blok M Square ini. Masjid ini bernama Masjid Nurul Iman Blok M Square. Dengan posisinya yang berada dipuncak gedung pusat perbelanjaan yang sangat ramai, menandakan pengelola gedung ini sekan-akan hendak menyatakan kepada dunia bahwa Kegiatan Ibadah Haruslah Lebih Tinggi dan Lebih Diutamakan Daripada Kegiatan Duniawi Yang Bersifat Hedonisme…. MasyaAllah :-)

Untuk menuju ke lantai tujuh, sahabat-sahibit blogger bisa menggunakan lift, atau kalau tak mau menunggu lama, bisa juga menggunakan tangga berjalan alias escalator. Pada pintu lift jelas tertulis petunjuk bahwa di lantai 7 ada sebuah masjid, demikian juga bila kita menggunakan escalator, pokoknya sahabat-sahibit dijamin tak bakalan nyasar hingga ke Kota Makassar dech, karena petunjuknya lengkap insya ALLAH sahabat-sahibit akan tiba dengan selamat di Masjid Nurul Iman Blok M Square.

Bila sudah berada di lantai tujuh yang sebagian digunakan untuk lahan parkir dan sebahagian besar lagi digunakan untuk membangun masjid, maka akan terlihatlah miniature dari Ka'bah yang digunakan umat Islam untuk Latihan Manasik Haji. Miniatur Kabah ini dibuat semirip mungkin dengan Ka'bah yang ada di Mekkah. Ada miniatur Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim, dan di depannya berdirilah Masjid Nurul Iman Blok M Square yang sangat megah dan menawan hati, sehingga hatipun tergoda jadinya untuk masuk dan mendirikan sholat di dalam masjid tersebut…subhanallah. Ini mengingatkan saya akan Masjid Babussalam di Mall Rau Indah Kota Makassar.

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Pintu Lift Di Lantai 7 Blok M Square

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Miniatur Kabah Tempat Latihan Manasik Haji

Memasuki teras masjid, ada tempat penitipan sepatu dan sandal yang cukup luas dan itu tidak dipungut bayaran alias gratis, namun bila sahabat-sahibit blogger sedunia mau berinfaq dan bersedekah, sebuah kotak kecil terbuat dari kayu untuk memasukkan uang juga disediakan oleh pengurus masjid. Tempat masuk jamaah pria dan wanita dipisahkan, jadi kemungkinan untuk berbaur sangat kecil. Masjid Nurul Iman Blok M Square ini memiliki tempat wudhu dan toilet yang cukup bersih dan meskipun tempat wudhu dan toilet dalam satu ruangan, namun saat saya datang di masjid ini, toiketnya tidak bau pesing seperti toilet yang kita sering temui dipusat-pusat perbelanjaan lainnya. Tempat Wudhu pria berada di area selatan-barat daya bangunan, sedangkan untuk wanita berada di area utara-timur laut masjid. Setelah berwudhu sahabat-sahibit blogger sedunia akan masuk ke ruang utama masjid yang digunakan untuk sholat berjamaah dengan melalui pintu yang memiliki dua daun pintu yang sangat artistik dan lebar.

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Tempat Penitipan Sepatu dan Sandal

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Tempat Wudhu

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Pintu Keluar Masuk Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square sangatlah megah dan luasnya mencapai 3000 meter persegi sehingga dapat menampung jamaah sebanyak kurang lebih 3000 orang. Saya tiba di Masjid ini setengah jam usai jamaah melaksanakan sholat Dhuhur, itupun karena sebelumnya saya dari Plaza Blok M, dan saya tidak mengetahui bila ternyata ada masjid sebesar ini di Blok M Square.

Nanti setelah saya kepepet ingin melaksanakan sholat, saya pun bertanya kepada seorang satpam dimana letak mushollah, eh malah ditunjukkan arah menuju Masjid Nurul Iman Blok M Square. Padahal saya kalau ke Jakarta sering singgah di Blok M Square, ya memang cuma singgah sebentar, kemudian melanjutkan langkah ke terminal Blok M untuk selanjutnya wara-wiri di seputaran Jakarta Bogor Tangerang dan Bekasi sekitarnya. Ketika saya tiba yang ada hanyalah jamaah yang akan mendengarkan tausiyah dan kajian-kajian Islamiah.

Kehadiran Masjid Nurul Iman Blok M Square
laksana sebuah Oase yang menyegarkan sebagai pelepas dahaga akan keimanan dan kerinduan kepada Sang Khaliq  di tengah hiruk pikuk aktifitas masyarakat menerobos padang kemacetan Kota Jakarta yang tak pernah kunjung usai. Saat kaki menapak ke dalam masjid, hamparan karpet hijau memenuhi masjid ini, meskipun sebagian karpet nampak tergulung karena tidak terpakai. Langit-langitnya yang penuh lukisan awan dan dihiasi dengan ornament lampu hias menambah kemegahan masjid ini.

Ada hijab memanjang terbuat dari besi dan kain hijau yang terbentang membatasi antara jamaah wanita dan jamaah pria. Rasanya adem ayem berada dalam masjid ini, tak terasa bahwa masjid ini berada di lantai tujuh gedung pusat perbelanjaan yang super ramai di Kota Jakarta. Ibadah sholat pun jadi terasa lebih khusyuk lagi, sehingga seolah-olah enggan kaki melangkah meninggalkan masjid ini. Ingin hati rasanya berbaring di atas hamparan karpet hijau tersebut, namun ingin hati memeluk gunung, apa daya gunungnya meletus. Niat berbaring hendak melepas lelah sejenak pun kuurungkan setelah membaca sebuah pengumuman tertulis yang diletakkan di atas karpet berbunyi “DILARANG TIDUR DI DALAM MASJID, DI ATAS KARPET DAN SELAMA KAJIAN”,
Masjid Nurul Iman Blok M Square
Suasana Dalam Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Interior Langit-Langit Dalam Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Bentangan Hijab Terbuat dari Kain Hijau

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Pengumuman Di Atas Karpet Masjid

kehadiran Masjid Nurul Iman Blok M Square laksana sebuah Oase yang menyegarkan sebagai pelepas dahaga akan keimanan dan kerinduan kepada Sang Khaliq  di tengah hiruk pikuk aktifitas masyarakat menerobos padang kemacetan Kota Jakarta yang tak pernah kunjung usai.
Lalu kemanakan gerangan bila badan ingin berbaring dan beristirahat setelah lelah berkeliling sepanjang Gedung Blok M Square. Sahabat-sahibit blogger se-dunia tak usah bingung dan kuatir, karena pihak pengelola telah menyediakan teras masjid yang cukup luas dan bisa digunakan sebagai tempat istirahat.,

Dan bila sahabat-sahibit ingin berbisnis dengan ALLAH SWT dan mendapatkan peluang untuk dibangunkan sebuah rumah di surge, maka sahabat-sahibit dapat bertemu dengan Panitia Pembangunan Masjid Nurul Iman Blok M Square yang ruangannya terletak di dekat pintu utama masjid. Di situ kalian bisa beramal dengan jalan menyumbangkan apa saja untuk pembangunan Masjid Nurul Iman Blok M Square. Yang balasannya berupa sebuah rumah yang dibangun di surga kelak, dan ingatlah ALLAH tak pernah ingkar akan janji-NYA.

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Sebahagian Jamaah Melepaskan Lelah Di Teras Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Ruangan Panitia Pembangunan Masjid

Sudah ada dua masjid yang saya lihat dibangun di pusat perbelanjaan yang sangat ramai dengan memposisikan masjid tersebut sebagai benar-benar tempat ibadah yang sangat layak. Yang pertama adalah Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar dan yang kedua Masjid Nurul Iman Blok M Square Kota Jakarta.

Kedua masjid ini dibangun dengan kualitas bangunan yang sangat bagus dan megah. Bangunannya luas serta terpelihara dan terjaga dengan baik oleh pengelola gedung sehingga dapat dipergunakan oleh umat Islam untuk beribadah dan melakukan kajian-kajian Islami. Semoga saja akan bertambah lagi masjid-masjid serupa yang kelak akan dibangun di pusat-pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia, bahkan kalau bisa di seluruh dunia.

Sehingga kegiatan duniawi tetap berjalan, namun ibadah kepada ALLAH SWT juga tetap terlaksana dengan baik, dengan demikian duniawi bisa kita kontrol agar tak keluar dari jalur yang telah ditetapkan ALLAH SWT, hingga akhirnya bisa selamat dunia dan akhirat.

Kalau sahabat-sahibit blogger hendak membaca artikel mengenai masjid lainnya, bisa berkunjung di blog ku yang satu, yaitu di http://hariyantowijoyo.blogspot.com.

Tabe.. salama ki’
Keep happy blogging always.. salam:-)

google+

linkedin

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
3 Juli 2017 23.55

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

Reply