Sholat Jum'at di Masjid Agung Mamuju Sulawesi Barat

Post oleh : Hariyanto Wijoyo | Rilis : 23.40 | Series :
Mentari berbagi nikmat panas-nya yang menyengat di hari Jum’at Mubarak. Namun hal itu tak menyurutkan langkah untuk menuntaskan semua urusan duniawi selama berada di Kota Mamuju. Hari ini merupakan kunjungan-ku yang kesekian kalinya di Kota Mamuju, ibukota propinsi Sulawesi Barat.


Jarum arloji-ku menunjukkan waktu jam sebelas lewat tiga puluh menit, waktunya ISHOMA. Saya-pun menghentikan salah satu Ojek Motor yang melintas lalu lalang di depanku , untuk mengantar-ku sebagai seorang Blogger Penjelajah Masjid ke Masjid Agung Mamuju yang letaknya di lintas poros jalan propinsi, persis di pusat kota, di samping Lapangan Merdeka Kota Mamuju, untuk melaksanakan ibadah Sholat Jum’at,

Suasana Masjid Agung Mamuju, masih nampak lenggang kala aku menjejakkan kakiku di lantai-nya. Memasuki area lokasi Masjid Agung Mamuju yang pembangunannya di mulai pada tahun 2007, arsitekturnya yang penuh warna-warni menghadirkan kesan nuansa romansa dongeng negeri seribu satu malam. Di depan kedua pintunya yang terletak di sebelah utara dan selatan, masing-masing nampak sebuah kolam dengan air mancur yang mengalir dari kubah berwarna emas seolah-olah menyambut dengan ramah kedatangan hamba ALLAH yang ingin beribadah di masjid ini.

Menurut data historis-nya, masjid yang juga disebut sebagai Masjid Syuhada Mamuju dan berdiri tepat di jalan Kiyai Haji Abdul Ahadi, Kabupaten Mamuju - Propinsi Sulawesi Barat ini selesai dibangun pada tahun 2009, dengan fasilitas ibadah sholat berjamaah yang terdapat pada lantai dua dapat menampung lebih dari tiga ribu jamaah. Masjid yang memiliki empat menara yang ketinggiannya masing-masing mencapai 75 meter ini, pada saat pelaksanaan Sholat Ied mampu menampung hingga 20.000 orang jamaah.

Suasana saat khotbah Jum'at

Selain lantai dua yang digunakan untuk beribadah, pada lantai satu digunakan terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti Tempat Wudhu, Toilet, Perpustakaan, Islamic Centre, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Poliklinik Mini.

Saat melangkah naik ke lantai dua, maka yang nampak seluas mata memandang adalah pesona puja-pujian ke agungan ALLAH Subhanahu wa-ta'ala …masya Allah. Ventilasi yang terbuka membuat sirkulasi udara mengalir lancar, menghadir semilir angin nan sejuk berhembus saat saya menjelajahi setiap sudut-sudut masjid yangberhiaskan Kaligrafi Ayat-Ayat Suci Al Qur’an, berpadu dengan ornament-ornamen kaca-kaca penuh warna dan arsitektur khas dari Timur Tengah.

Bahkan pada langit-langitnya juga tak ketinggalan di hiasi dengan kaligrafi indah ayat-ayat suci Al Qur’an. Dan benarlah apa yang yang dikatakan orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke Kota Mamuju, bahwa bila ke berkunjung ke Kota Mamuju, akan tak lengkap rasanya bila tak mampir ke Masjid Agung Mamuju untuk Berwisata Rohani.

Dibagian atas Mihrab-nya, terdapat dua buah Kaligrafi yang berlafadzkan “ALLAH” dan “Muhammad”, dengan diameter kira-kira 170 centimeter. Kaligrafi yang berkilau sangat indah itu biaya pembuatan-nya mencapai Rp. 1,3 milyar pada tahun 2009. Wow..biaya yang sungguh fantastis, namun ternyata itu bisa di maklumi, karena kaligrafi itu ternyata bahan bakunya adalah terbuat dari emas murni dengan kandungan 22 karat. Selain kaligrafi tersebut, emas murni juga digunakan untuk menghiasi sejumlah pilar yang menyangga bangunan Masjid Agung Mamuju.

Ber-selfie ria di depan dua kaligrafi yang terbuat dari emas

Usai melaksanakan Ibadah Sholat Jum’at di Masjid Agung Mamuju Sulawesi Barat (21092012), para jamaah-pun kembali ke aktifitas-nya masing-masing, Demikian juga saya, usai menikmati semua keindahan masjid diriku-pun berlalu melanjutkan aktifitas. Puaslah hati ini, setelah berwisata rohani memuaskan hasrat dahaga akan kebesaran ALLAH Subhanahu wa-ta'ala, dan juga sempat berfoto narsis ria, Blogger Penjelajah Masjid kembali melanjutkan tugas dan amanah untuk berwara-wiri mencoba mengais rezeki di bumi ALLAH yang maha luas demi mencari sesuap nasi dan sepiring berlian.

Kalau sahabat-sahibit blogger hendak membaca artikel mengenai masjid lainnya, bisa berkunjung di blog ku yang satu, yaitu di http://hariyantowijoyo.blogspot.com.


Tabe salama' ki'
Keep Happy Blogging Always, Mari Ki' Di' :-)

google+

linkedin

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
3 Juli 2017 23.56

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

Reply